Tips mengikuti ujian :D

~ yuhuuuu ..
Di kelas 9 , berbagai macam ujian akan banyak kita lalui .
di posting ini , kita akan membahas tentang tips mengikuti ujian tulis ALA HANIN :DD

1. Datang ke tempat ujian 1 jam sebelum ujian dimulai.
Tujuannya , agar kita bisa mengingat-ingat kembali materi yang udah kita pelajari semalam. Belajar pagi-pagi itu cepet nyangkut di otak.

2. Berdoalah sebelum mengerjakan
Meskipun kita sudah siap untuk mengerjakan soal, tetapi alangkah baiknya kita memohon kepada Allah SWT untuk kelancaran ujian tsb. Tanpa ridho-Nya , kita tak mungkin bisa mengikuti ujian dengan baik.
(Baca Doa akan belajar, dan Q.S Al-Insyirah)

3. Siapkan jam tangan dan taruh di atas meja
Tujuannya , untuk mengontrol kita dalam mengerjakan soal. Jadi kita tak terlalu lambat, sehingga tidak kehabisan waktu saat mengerjakan.

4. Mengisi LJK dengan hati-hati, baik, benar, dan rapi
Mengisi LJK itu juga ada tatacaranya Loo , kalo kita gak bener, juga bisa sangat berperngaruh terhadap nilai kita nantinya. Lebih baik pensilnya itu 2 buah. Yang satu Lancip, yang satunya lagi tumpul.
Yang lancip untuk menghitamkan pinggir lingkarannya ajah, yang tumpul buat tengahnya. Pastikan tidak 'njembret'. Oia, pensilnya harus yang berkualitas atau minimal yang ada tulisan 'for computer' nya dah !(kalo aku sih pake pensil merek STABILO :p)

5. Kerjakan yang gampang-gampang dulu
Kalo kita baca soal trus nemuin soal yang susah , biasanya matematika (kadang" ngitung bolak balik gak ketemu jawabannya) kalian tinggal dulu aja. Maksimal ngerjakan 1 soal itu 2 menit, jadi kalo kalian ngerjakan 1 soal yang gampang dalam waktu 1 menit aja , berarti kalian punya tabungan waktu 1 menit kaan ?
Nah , waktu yang udah terkumpul itu bisa digunakan untuk ngerjain soal yang susah tadi

6. Koreksi kembali setelah kalian selesai
Ini sangat penting sekali, sebab anak yang udah selesai ngerjain soal biasanya lebih milih santai-santai nunggu bel tanda selesainya ujian, padahal mengoreksi kembali sangat penting.
sapa tau ada soal yang tertinggal, atau ada data yang belum terisi.
Merugikan banget kan kalo itu bener-bener terjadi ?


>> sekian <<

0 komentar:

Posting Komentar